RSS

Ratusan Bahasa Daerah Terancam Punah

04 Sep

JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengungkapkan, para pakar atau ahli bahasa dunia yang berkumpul di dalam Forum Keberagaman Bahasa (Language Diversity Forum) Asia – Europe Meeting (ASEM) akan membahas mengenai solusi untuk mengantisipasi bahasa-bahasa daerah yang rawan mengalami kepunahan. Diketahui, hingga saat ini ada ratusan bahasa daerah yang akan mengalami kepunahan.

“Kondisi kebahasan tersebut memerlukan penanganan yang serius dan berkelanjutan agar bahasa-bahasa tetap eksis dan mampu mendukung kehidupan budaya daerah,” ungkap Wiendu kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (4/9).

Dijelaskan, bahasa daerah yang mulai terancam punah disebabkan karena jumlah penuturnya sedikit dan hanya digunakan oleh kalangan generasi tua. Bahkan, bahasa etnis di Indonesia ada yang penuturnya tingga beberapa orang saja.

“Penutur bahasa seperti bahasa Lengilu, bahasa Hoti, bahasa Piru, bahasa Hukumina, bahasa Hulung, bahasa Bonerif dan bahasa Woria itu penuturnya hanya tersisa kurang dari 10 orang saja,” sebut Wiendu.

Oleh karena itu, lanjut Wiendu, upaya pemerintah dan forum ASEM untuk mengantisipasi masalah ini yakni dengan melakukan kondifikasi bahasa tersebut. Sehingga diharapkan ke depannya masih dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Usaha lainnya yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah melalui pengkajian, pengembangan dan pelestarian. Dalam proses pengkajian, terang Wiendu, telah dilakukan pemetaan dan berhasil mengidentifikasi 514 bahasa. “Selain itu, pemerintah juga tengah melakukan pendokumentasian aksara bahasa daerah dan pendokumentasian cerita rakyat,” imbuhnya. (cha/jpnn)

 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: